Bombo Unyil

Religious

Hari Anak Internasional

Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Kesepakatan 1 Juni sebagai Hari Anak Internasional mulai terbangun dalam konvensi International Women Democratic Federation di Moskow, 1949.

anak,indonesiaHarris Rinaldi/Fotokita.net

Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni di berbagai negara dan biasanya ditandai dengan berbagai aksi yang melibatkan atau didedikasikan terhadap anak-anak.

Hari peringatan yang juga ditujukan sebagai Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak ini telah dirayakan pertama kalinya di sekitar tahun 1950-an oleh 51 negara seluruh dunia. Meski demikian, kesepakatan 1 Juni sebagai Hari Anak Internasional mulai terbangun dalam konvensi International Women Democratic Federation di Moskow, 1949.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan persoalan anak-anak di dunia dalam kelangsungan hidupnya. Hingga dewan memutus untuk secara resmi menghormati hak anak, mulai dari hak hidup, pendidikan, kesehatan.

Pada 20 November 1959, Majelis Umum juga mengajukan Deklarasi Hak-hak Anak yang pada akhirnya disahkan pada hari yang sama di tahun 1989. Tak kurang dari 191 negara menandatanganinya. Sehingga 20 November juga dikenal sebagai Hari Anak Universal.

Di Bulgaria, digelar banyak acara untuk peringatan Hari Anak Internasional 2012. Begitu pula di China. Serangkaian parade, konser, penampilan seni teater, balap sepeda, sampai demonstrasi cara berkendara atau berlalu lintas yang baik bagi anak-anak.

Sedangkan di Indonesia sendiri sejumlah siswa tingkat SD dan SMP di Bandung, Jawa Barat sempat memperingati Hari Anak Internasional dengan melakukan napak tilas Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 mulai dari tugu Nol Km hingga Gedung Merdeka. Selain napak tilas, para siswa juara itu juga mengeluarkan pernyataan terkait hari anak serta membacakan Deklarasi Hak-hak Anak.

Indonesia merayakannya setiap tanggal 23 Juli. Dan harus nya ada tanggal merah untuk tanggal ini

Hari Anak Universal

Dengan resolusi 836 (IX) 14 Desember 1954, Sidang Umum merekomendasikan bahwa semua negara lembaga Hari Anak Universal, untuk diamati sebagai hari persaudaraan di seluruh dunia dan pemahaman antara anak-anak. Ini direkomendasikan bahwa Hari itu harus diamati juga sebagai hari kegiatan yang ditujukan untuk mempromosikan cita-cita dan tujuan Piagam dan kesejahteraan anak-anak dunia. Majelis menyarankan kepada pemerintah bahwa Hari diamati pada tanggal dan dengan cara yang masing-masing menganggap yang sesuai. Tanggal 20 November, menandai hari di mana Majelis mengadopsi Deklarasi Hak Anak, pada tahun 1959, dan Konvensi Hak Anak, pada tahun 1989.

 Pada tahun 2000 para pemimpin dunia diuraikan Millenium Development Goals (MDGs) – yang berkisar dari mengurangi separuh kemiskinan ekstrim untuk menghentikan penyebaran HIV / AIDS dan menyediakan pendidikan dasar universal, semua dengan tanggal target 2015. Meskipun Tujuan adalah untuk seluruh umat manusia, mereka terutama tentang anak-anak. UNICEF mencatat bahwa enam dari delapan gol berhubungan langsung dengan anak-anak dan memenuhi dua terakhir juga akan melakukan perbaikan penting dalam hidup mereka. (MDGs, UNICEF.)Urungkan pengeditan

Hari Anak Internasional

Anak-anak, juga dikenal sebagai “Hari Internasional Juni 1 anak,” Juni 1 tahunan, dunia festival anak-anak. November 1949, Perempuan Internasional Demokratik Federasi pertemuan dewan diadakan di Moskow. China dan negara lainnya dan perwakilan negara dan kemarahan kaum reaksioner terkena imperialis dan anak-anak membunuh racun. Untuk melindungi anak-anak di dunia untuk kelangsungan hidup, kesehatan dan pendidikan, untuk meningkatkan kehidupan anak-anak. Rapat memutuskan di Hari Juni 1 tahunan Internasional Anak.

 Hari Anak Internasional (ICD) dirayakan di berbagai negara, biasanya (tetapi tidak selalu) pada tanggal 1 Juni setiap tahun.

 ICD telah berawal pada Konferensi Dunia untuk Kesejahteraan Anak di Jenewa, Swiss pada tahun 1925. Tidak jelas seperti mengapa 1 Juni dipilih sebagai ICD: satu teori mengatakan bahwa orang Cina Konsul Jenderal di San Francisco (AS) mengumpulkan sejumlah anak yatim Cina untuk merayakan Festival Perahu Naga pada tahun 1925, yang kebetulan pada tanggal 1 Juni tahun itu, dan juga bertepatan dengan konferensi di Jenewa.

 1 Juni sejak itu telah diamati sebagai ICD oleh berbagai negara, terutama oleh negara-negara komunis, di dunia Barat ICD biasanya dirayakan pada hari-hari lain dalam setahun (jika sama sekali), dan sering ada kesadaran masyarakat sedikit tentang perayaan ini. (Lihat bagian tentang Jerman di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.) Akibatnya kadang-kadang ada persepsi bahwa Juni 1 sebagai ICD adalah penemuan Komunis. Meskipun demikian, dalam beberapa tahun terakhir bahkan beberapa kelompok di Amerika Serikat mulai mengamati ICD pada 1 Juni.

About these ads

Filed under: Hikayat si Unyil, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Berita Top hari ini

Renungan Bulan Ramadhan

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda

  • “Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling berguna bagi orang lain.”
  • “Sebaik-baik amal perbuatan adalah membuat orang Muslim lainnya merasa gembira, atau meringankan kesu-litannya, atau membayarkan hutangnya, atau memberinya makan.”
  • “Berjalan menemani saudara seiman dalam rangka menyelesaikan keperluannya lebih saya sukai daripada beri’tikafdi masjid selama sebulan.”
  • “Barangsiapa mampu menahan amarahnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala. akan menutup auratnya; barangsiapa mampu menahan amarah yang mestinya dapat ia lampiaskan, maka Allah akan mengisi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat; dan barangsiapa berjalan bersama saudaranya seiman dalam sebuah keperluan sehingga keperluan itu terpenuhi, maka Allah akan mengokohkan kakinyapada hari di mana semua kaki tergelincir.”
  • “Sesungguhnya perilaku yangjelek dapat merusak perbuatan seperti cuka yang merusak madu.”
Doa atau Lafadz Niat Puasa نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى NAWAITU SAUMA GHADIN AN ‘ADAI FARDI SYAHRI RAMADHAANA HADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA. “Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala”

Bombo Unyil Menghaturkan:

Valentine Day

Cinta Zodiak Senin-Minggu

Zodiak Minggu ini

Ramalan Zodiak 2014

Ramalan Shio 2014

Sifat Zodiak (Bulan ini) 2014

Add to Technorati Favorites Active Search Results
Bookmark and Share
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Counter Powered by  RedCounter

Unduh eBook dan Film

%d bloggers like this: